Sunday, January 28, 2018

MEMBUAT BANK DRAFT


Contoh form yang harus di isi untuk pengajuan pembuatan bank draft




Syukur Alhamdulillah bisa berbagi lagi nih sob...semoga ini bermanfaat. 


Meneruskan soal bank draft yang beberapa hari lalu saya sudah published, nah sekarang akan saya coba tulis "MENGAJUKAN PEMBUATAN BANK DRAFT KE BANK"
Saya akan tulis sesuai yang pernah saya lakuin ya sob, adapun sobat yang sudah pernah melakukan mungkin berbeda dengan pengalaman saya ini, dan yang belum pernah melakukan semoga bisa mendapat gambaran tentang pengajuan pembuatan bank draft ke bank.

Okee gini, sobat sedang ada transaksi dengan perusahaan misal di Singapore, entah beli cilok, beli keripik seng pedas...bhahaha..., beli apadah ke Singapore ceritanya ini...maka jika ingin menggunakan bank draft sebagai alat bayar, yang harus sobat lakuin adalah :

  1. Minta Proforma Invoice ke "warung" yang di Singapore itu, kalo kita bilang itu "BON, Faktur, Invoice, Surat Tagihan atau apalah...
  2. Tanya ke pemilik "warungnya", mau terima pembayaran pake bank draft atau cara lain?. Kalo pemilik "warung" di Singapore bilang "Iya kang boleh kok pake bank draft.." nah selanjutnya adalah,
  3. Minta alamat detail "warung" tersebut untuk keperluan pengiriman bank draft, minta aja kayak gitu ya sob...
  4. Print Proforma Invoice dan alamat detail "warung" tersebut lalu....
  5. Pergi ke bank, kebetulan biasanya saya pake BCA, langsung aja ke loket khusus VALAS (Valuta Asing), atau minta di bantu security untuk ke loket VALAS.
  6. Lalu di loket sampaikan aja maksud sobat mau ngapain kesitu, jangan bilang mau ngopi ya, mau membuat bank draft gitu aja bilangnya.
  7. Nanti sobat akan di kasih deh sama mbak yang di loket situ selembar kertas (form aplikasi transaksi valas) untuk di isi data tentang "warung" yang ada di Singapore. Pengajuan bank draft tidak membutuhkan rekening bank "warung" tersebut, cuma perlu alamat detail dan contact person aja.
  8. Kalo ndak ngerti harus di isi apa itu kertas, jangan tolah-toleh aja sob...tanya ke mbaknya ya....hehehe
  9. Sudah beres isi, siapkan KTPnya, serahkan kertas yang tadi dan KTP kalo masih jomblo..., kalo udah nikah juga KTP aja, ndak usah serahin buku nikah..bhahaha...
  10. Mungkin kalo sobat rada bawel kayak emak-emak....nanti akan tawar-menawar kurs Dollar, atau Singapore Dollar sama mbak yang jaga loket....hehehehe
  11. Setelah deal dan sudah menyerahkan uang ke bank, atau uang dari rekening sobat, maka tunggu aja proses bank draftnya. Biasanya lama, maka kalo rumah / kantor sobat dekat, pulang aja dulu...tanya aja ke mbak yang jaga loket, "kapan mbak siap saya lamar..?" eh salah bukan itu pertanyaannya, "kapan mbak saya bisa ambil bank draftnya...?"               

Okay sob...itu aja sih prosesnya kira-kira, kalo ada yang kelewat ya maafin saya ya sob...semoga sukses terus hingga akhirat...aamiin

No comments:

Post a Comment