Thursday, January 25, 2018

APAKAH BANK DRAFT ITU ?

Contoh bank draft sebagai salah satu alat pembayaran luar negeri yang lebih ekonomis biayanya dan aman serta mudah dalam proses pembuatannya.




Hello teman-teman yang selalu semangat dan terus berjuang untuk lebih baik...semoga tiap hari ada ilmu baru yang kita dapatkan to grow better and better.

Apakah sobat pernah melakukan pembayaran luar negeri...? 
Bagaimana cara membayar transaksi dengan perusahaan atau perorangan di luar negeri...?
Sebenarnya saya juga malu nulis ini lho sobat...karena menurut saya pembaca udah lebih banyak pengalamannya soal beginian ketimbang saya...hehehe. Tapi ndak apa-apa ya sob...biarin aja saya tulis...jangan di ketawain ya...hehehe.

OK to the point aja ya...sesuai judul diatas, "BANK DRAFT" menurut web resmi bank panin ;

Bank Draft adalah surat berharga yang berisi perintah tak bersyarat dari bank penerbit draft tersebut kepada pihak lainnya (tertarik) untuk membayar sejumlah uang kepada seseorang tertentu atau orang yang ditunjuknya pada waktu yang telah ditentukan.


Nah..gini sob, ini soal pengalaman saya menggunakan bank draft sebagai alat bayar luar negeri, kebetulan pembayaran ke sebuah perusahaan di Singapore. Saya beberapa kali menggunakan bank draft untuk setiap pembayaran barang yang saya beli di Singapore. Kenapa saya pilih bank draft...? apalagi kalo bukan karena lebih ekonomis biayanya dibanding dengan menggunakan metode transfer antar bank dan menggunakan WU (Western Union)


Gini.., saya bandingkannya kali ini antar pake bank draft dan pake transfer aja ya...



Bankdraft, biaya pembuatannya Rp. 50.000, biaya kirim bankdraft dari (saya kirim dari Bandung Jawa Barat) ke Singapore Rp. 130.000 sama biaya materai kali ya Rp. 6.000, itu aja...
Transfer antar bank, biaya transfer 25 USDD/ 25 SDG, biaya provisi Rp. 50.000.
Ini pengalaman saya ya...mungkin berbeda cerita dengan sobat-sobat semua di berbagai wilayah di seluruh dunia.



Silahkan dikoreksi ya sobat jika ada yang kurang pas. 




No comments:

Post a Comment